Jumat, 29 Juni 2012

Dilarang Mencelah Makanan


عَنْ اَ بِى هُرَ يْرَ ةَ رَ ضِىَ ا للهُ عَنْهُ قَا لَ: مَا عَا بَ رَ سُوْ لَ ا للهِ صَلَى ا للهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمَ طَعَأ مًا قَطُ, اِ نِشْتَهَا هُ اَ كَلَهُ, وَ اِ نْ كَرِ هَهُ تَرَ كَهُز (متفق عليه)


Artinya: Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. tidak pernah mencela makanan. Apabila beliau menyukainya, beliau memakannya, dan apabila tidak menyenanginya, maka beliau meninggalkan makanan itu.(HR. Bukhori dan Muslim)
Hadits ini diambil dari kitab Riyadhus Sholihin(jilid satu).
Mencelah makanan adalah hal yang buruk bagi kita, karena secara tidak langsung tindakan tersebut adalah sama halnya dengan menghina rizki atau nikmat dari Allah yang telah diberikan kepada kita umat-umat manusia.
Seperti contoh berikut : ada seorang teman kita yang memberi kita makanan, kemudian dengan sadar kita berkata ini makanan apa? Ah tidak enak!Ucapan tersebut adalah menghina atau mencela makanan. Bahkan tidak jarang ada orang yang karena saking tidak sukanya atau tidak seleranya dengan makanan tersebut sampai hati orang itu mencela kemudian membuang makanan tersebut. Perbuatan ini sering dilakukan, orang-orang menganggapnya sepele. Padahal tindakan tersebut sangat tidak mulia, sebagaimana dijelaskan pada hadits diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda?