Jumat, 29 Juni 2012

Islam Pada Masa Soeharto (Orde Baru)


Setelah kepemimpinan Soekarno yang dikenal dengan Orde Lama tumbang, maka kepemimpinan negara berikutnya berada di tangan Soeharto dan timbulah apa yang disebut Orde Baru yang umat islam ikut berperan di dalamnya. Orde Baru memang sejak semuala mencanangkan pembaruan sistem politik. Tanggal 26 November 1966, dengan sebuah amanat dari presiden, disampaikan kepada DPRGR: RUU kepartaian, RUU pemilu, RUU susunan MPR, DPR dan DPRD. Pada tanggal 14 Agustus 1975 RUU kepartaian disahkan, penata kehidupan kepartaian berikutnya adalah penatapan asas tunggal, Pancasila, untuk parpol, Golkar, dan organisasi lainnya, tidak asas ciri, tidak ada lagi ideologi Islam, dan oleh karena itu tidak ada lagu partai Islam. Sejak dekade 1970-an kegiatan Islam semakin berkembang. Fenomena yang sangat bisa dilihat adalah munculnya bngunan-bangunan baru Islam : masji-masid, mushalla-mushalla, madrasah-madrasah juga pesantren-pesantren. Pengajian dan diskusi-diskusi keagamaan memasuki hotel-hotel mewah dan merekrut elite-elite bangsa.

Pemimpin-pemimpin Nasionalis Islam tidak lagi berusaha keras secara terbuka untuk membentuk negara islam, tetapi melakukan pendekatan lain, dengan berusaha melaksanakan beberapa unsur tertentu dari hukum Islam atau dakwah Islam. Beberapa tokoh Islam seperti Masyumi dulu bnyak aktif dalam lembaga-lembaga dakwah. Ada juga yang aktif di Perguruan Tinggi Isla Swasta, hal yang sama juga terjadi dikalangan NU,  dan lembaga-lembaga pengembangan masyarakat. Juga tidak boleh dilupakan, Departemen Agama yang dibentuk sebagai konsensi bagi umat Islam juga banyak berjasa dalam membentuk dan mendorong kebangkitan Islam tersebut. Empat belas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) induk dengan sekian banyak  cabangnya sangat berjasa menyiapkan guru-guru agama, pendakwah, mubaligh dalam kwantitas besar. Belum lagi peranan departemen ini dalam membina madrasah-madrasah dan pesantren-pesantren yang ada di seluruh wilayah nusantara ini.
Yang tak kalah pentingnya dalam kebangkitan Islam adalah pembentukan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada bulan Desember 1990. Kemudian menjelang akhir kepemimpinan Soeharto, krisis moneter yang berkepanjangan melanda negara Indonesia tidak dapat diatasi, sebagai akibat dari banyaknya kasus, korupsi, kolusi dan napotisme (KKN) yang dilakukan oleh Soeharto dan kroni-kroninya. Maka munculah tuntutan seluruh rakyat yang dimotori oleh gerakan seluruh mahasiswa, mereka menuntut dan mendesak agar Soeharto mengundurkan diri dari jabatan Presiden Republik Indinesia. Akhirnya pada tahun 1998 Soeharto mengundurkan diri dari jabatan Presiden Republik Indinesia. Dengan demikian tamatlah rezim Orde Baru setelah berkuasa selama 32 tahun lamanya di bumi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda?