Jumat, 29 Juni 2012

Kerajaan Islam di Sulawesi


Kerajaan Gowa–Tallo, kerajaan kembar yang saling berbatasan, dan disebut kerajaan Makasar. Kerajaan ini terletak di semenanjung barat daya pulau Sulawesi, yang merupakan daerah transito sangat strategis. Gowa-Tallo tampil sebagai pusat perdagangan laut, kerajaan ini menjalin hubungan baik  dengan Ternate yang telah menerima Islam dari Gresik/Giri. Di bawah pemerintahan Sultan Babullah, Ternate mengadakan perjanjian persahabatan dengan Gowa-Tallo.
 Penyebaran Islam setelah itu berlangsung sesuai dengan tradisi yang telah lama diterima oleh para raja, keturunan To Manurung. Tradisi  itu mengharuskan seorang Raja memberitahun ”hal baik” kepada yang lain. Maka dari itu kerajaan Gowa-Tllo menyampaikan menyampaikan “ pesan Islam” kepada kerajaan-kerajaan seperti Luwu, yang lebih tua , Wojo, Soppeng dan Bone.
Raja Luwu segera menerima “pesan Islam” itu, dan sementara tiga kerajaan: Wojo,Soppeng dan Bone menerima Islam melalui peperangan. Raja Bone pertama  yang masuk Islam dikenal dengan gelar Sultan Adam, meski sudah Islam tapi perang antar dua kerajaan yang bersaing itu masih sering terjadi bahkan sampai melibatkan Belanda untuk mengambil keuntungan politiknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bagaimana Menurut Anda?