Minggu, 01 Juli 2012

Paragraf


           Kita pasti pernah menulis paragraf, akan tetapi mungkin diantara kita ada yang belum paham betul tentang paragraf, baik pengertiannya, syarat-syaratnya penulisannya, maupun macam-macamnya. Maka dari itu blog ini akan menjelaskan sedikit tentang paragraf.
Paragraf atau alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Kalimat-kalimat yang membangun paragraf pada umumnya dapat diklasifikasikan atas dua macam, yaitu: kalimat topik atau kalimat utama (kalimat inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf), dan kalimat penjelas atau kalimat pendukung (kalimat yang memberikan penjelasan dari kalimat pokok suatu paragraf).
Paragraf yang efektif memenuhi dua syarat, yaitu: adanya kesatuan makna (koherensi), adanya kesatuan bentuk (kohesi), dan hanya memiliki satu pikiran utama.
Berdasarkan posisi atau letak kalimat topiknya, paragraf dibedakan menjadi lima, yaitu: Paragraf deduktif, adalah paragraf yang kalimat topiknya terletak pada awal paragraf. Paragraf deduktif  diawali dengan pernyataan yang bersifat umum, kemudian diturunkan atau dikembangkan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus. Pernyataan yang bersifat khusus itu bisa berupa penjelasan, rincian, contoh-contoh, atau bukti-buktinya. Karena paragraf itu dikembangkan dari pernyataan umum dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan khusus, dapatlah dikatakan bahwa penalaran paragraf deduktif itu berjalan dari umum ke khusus. Paragraf induktif, adalah paragraf yang kalimat topiknya terletak pada akhir paragraf (kebalikan dari paragraf deduktif). Paragraf deduktif-induktif, adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal dan akhir paragraf. Paragraf ineratif, adalah paragraf yang memiliki kalimat topik di tengah paragraf. Paragraf deskriptif/naratif atau penuh kalimat topik, adalah paragraf yang tidak secara jelas menampilkan kalimat topiknya. Walaupun kalimat topiknya tidak jelas, paragraf tersebut tetap memiliki topik atau pikiran utama yang berupa intisari paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda?