Jumat, 29 Juni 2012

Dampak Perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komunikasi (IPTEK)



1.   Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia
1.1  Pangan
Dampak positif:
A.    Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipat ganda.
B.     Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
C.     Diterapkannya cara pemupukan yang tepat serta digunakannya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasilnya bertambah banyak.
D.    Digunakannya bioteknologi (misalnya hormon tumbuhan), untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.
Dampak negatifnya antara lain pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi juga dapat membuinuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen,dan bahkan meracuni manusia sendiri.


1.2  Sandang
Dampak positif:
A.    Menolong manusia dalam mengadakan pengadaan sandang dengan adanya Mesin tekstil sehingga mempercepat proses pembuatan pakaian.
B.     Telah ditemukannya serat sintetis, baik yang terbuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi menjadi benag (rayon) maupun dari bahan galian seperti hasil rulingan batu bara dan minyak bumi yang dapat diproses menjadi serat-serat sintetis seperti polyester,polypropholine, dll.
C.     Dengan kemajuan tehnologi kita tak perlu menunggu terlalu lama hasil serat tanaman kapas karna dengan serat sintetis, pembuatan tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu singkat

Dampak negatif:
A.    Bahan-bahan yang berupa polimer sintetis yang dalam bahasa dinamakan plastic, kalau menjadi sampah tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pengurai.
B.     Sampah kalau dibakar akan menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Namun, jika tidak dibakar, dapat mencemari tanah sehingga dapat mengurangi kesuburan tanah.

1.3  Papan
Dampak positifnya adalah dengan merapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit.

Dampak negatif:
A.    Dengan peralatan modern, orang dengan sangat mudah membabat hutan untuk membangun rumah, gedung, atau perabotan lainnya. Akibatnya hutan menjadi gundul dan mengakibatkan banjir.
B.     Dengan diterapkannya teknologi modern, tenaga manusia banyak yang tidak terpakai.

2.      Dampak Terhadap Peningkatan Kesehatan

Dampak positif:
A. Meningkatkan ilmu dan fasilitas didikan  kedokteran.
Contoh pelayanan baru sebagai hasil kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi yaitu, pencangkokan jantung, pencucian darah, pelayanan kontrasepsi, dll.
B.     Meningkatkan Teknologi Obat-Obatan.
Dipelopori oleh Dr.Morris Fishbein. Ia membandingkan hasil penemuan senyawa-senyawa yang berhasiat sebagai obat sekitar tahun 1910 dan tahun 1945 diantaranya adalah alcohol, merkuri, besi, dll.
C.     Memberantas Penyakit Menular.
Kemajuan teknologi dibidang obat-obatan memudahkan pendeteksian penyakit menular sehingga dapat dengan cepat diberantas. Diantara usaha-usaha pencegahan suatu penyakit antara lain:
·         Mengadakan imunisasi terhadap penyakit menular.
·         Mengusahakan pengolahan air untuk mendapatkan air bersih bagi masyarakat.
·         Menjaga kebersihan lingkungan, dll.

Dampak negatif:
      Kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi tidak terlepas dari dampak negatif, antara lain timbulnya berbagai penyakit. Diantara penyakit yang dianggap berasal dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah penyakit kanker. Penyebabnya antara lain adanya pencemaran udara, banyak digunakannya zat-zat kimia,dll.

      Meskipun para ahli kedokteran dan farmasi telah bekerja keras untuk mengatasi penyakit-penyakit yang timbul, sampai saat ini masih ada beberapa penyakit yang belum diketahui cara pengobatannya.

3.   Dampak Terhadap Penyediaan Energi
A.    Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan enegi dunia, dan merupakan sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui.

Penggalian bumi dapat menimbulkan adanya tumpahan di sekitar pengeboran itu. Tumpahan ini akan merusak lingkungan sehingga merugikan hewan atau tumbuhan  yang hidup disekitar daerah itu, dan tentu saja bagi manusia.
B.     Batu bara
Penambangan batu bara dapat membahayakan manusia karna gas oksigen dalam tambang itu sngat terbatas, sebaliknya gas-gas bumi yang menyesakkan nafas justru berlimpah. Batu bara juga tergolong sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
C.    Air
Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali. Namun pembersiahn itu tidak selalu sempurna, sehingga lambat laun air bersih ini semakin lama semakin menurun jumlah dan kualitasnya.


D.    Hutan, Hewan dan Ternak
Diantara sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah hutan, hewan dan ternak, akan tetapi tetap harus memperhatikan batas toleransi. Bila batasan tersubut dilewati, semua itu tidak lagi dapat diperbaharui. Contoh; penebangan hutan yang semena-mena akan mengakibatkan tanah gundul dan erosi, penangkapan ikan memakai pukat harimau mengancam kelangsungan hidup ikan.
E.     Tanah
Merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui namun jika tidak hati-hati dalam pemakaiannya, tanah akan menjadi rusak. Misalnya, tanah dibiarkan dalam keadaan kosong dan terkena erosi yang terus menerus hingga tingkat kesuburannya menurun.

4.    Dampak Terhadap Komunikasi dan Transportasi
4.1. Komunikasi
Dalam bidang komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
A.  Manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan abad ke-20), yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan sampai ribuan kilometer dalam waktu beberapa menit saja.
B.  Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
C.  Ditemukannya pesawat radio (oleh Marconi 1896), untuk mengirim dan menerima berita tanpa melalui kawat penghubung sepeti pada telepon dan telegram.
D.  Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
Dampak negatif:
A.  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
B.  Jika kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, akan timbul kehancuran di muka bumi ini. Misalnya dengan satelit orang dapat mengetahui adanya pabrik senjata, cadangan minyak, uranium, dan sebagainya, niat jahat untuk menguasai semua itu bisa timbul, sehingga terjdi rebutan yang pada akhirnya menimbulkan perselisihan.
4.2. Transportasi
Dampak positif:
A.  Dengan diterapkannya ilmu pengetahuan alam dan teknologi moderen, manusia dapat menciptakan sarana transportasi yang modern dan canggih, misalnya sepeda motor, mobil, kereta, bus, pesawat terbang, kapal laut, dan lain sebagainya.
B.  Dengan hadirnya sarana transportasi yang modern dan canggih tersebut, manusia dapat bepergian dengan waktu yang lebih singkat untuk menempuh suatu jarak tertentu.

Dampak negatif:
A.  Berkurangnya lahan-lhan pertanian yang produktif karena dipakai untuk menampung kebutuhan akan jaa transportasi, seperti terminal, landasan kapal terbang, atau lahan parkir.
B.  Timbulnya pencemaran suara dan pencemaran udara yang disebabkan oleh suara bising kendaraan bermotor dan asap (sisa pembakaran) dari kendaraan bermotor tersebut.
C.  Perubahan alam menjadi tidak estetis, misalnya aap kendaraan bermotor yang brcampur dengan debu akan membentuk oksidasi nitrogen di udara sehingga membentuk awan kecoklatan.

5.    Dampak Terhadap Pencapaian Kemakmuran
                   Keadan umat manusia saat ini sangat berbeda dengan peradaban zaman dulu, kemajuan dalam bidang sain dan teknologi telah membawa pada perubahan yaitu kemudahan, kemakmuran dan kenyamanan dalam hidup.
Dampak positif:
A.    Perkembangan Ilmu Pengetahuan alam dan Teknologi Mendatangkan Materi
Adanya perkembangan Sain dan teknologi mendatangkan cabang ilmu pengetahuan baru, dintaranya:
1.    Teknik kimia, teknik sipil, teknik listrik, dll.
2.    Teknologi hytan.
3.    Teknologi transportasi, dll.
Dalam menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan tersebut kita dapat memperoleh hasil, antara lain:
1.    Dalam penggunaan teknik Kimia
   Manusia dapat mendirikan industru kimia dasar yang dapat menghasilkan bahan-bahan dasar untuk keperluan industri.
2.    Dalam penggunaan teknologi hutan.
   Manusia dapat mengolah hutan sehingga dapat memperoleh hasi yang maksimal, akan tetapi harus tetap menjaga kelestariannya.
B.     Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Dapat Mendatangkan Kemudahan Hidup.
       Setiap orang tidak ingin mengalami kesulitan, sehingga melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup, antara lain penerapan sain dan teknologi, misalnya:
1.    Dengan teknik modern, orang dapat mengendalikan aliran air sungai, dengan membuat bendungan, saluran primer dan saluran sekunder.
2.    Dengan teknik modern dapat dibuat berbagai macam alat elektronik dan transportasi, yang dapat mempermudah manusia dalam menjalani kelangsungan hidupnya. Misalnya hp, mempermudah manusia dalam berkomunikasi jarak jauh, sepeda motor mempermudah manusia dalam melakukan suatu perjalanan (baik jarak jauh atau/dekat).
       Dampak Positif:
A.    Negara yang menguasai ilmu pengetahuan alam dan teknologi, lebih mudah memperoleh kemakmuran ekonomi dibandingkan Negara yang kurang mempunyaikemampuan dalam bidang tersebut, Akibatnya timbul Negara kaya dan Negara miskin.
B.     Hubungan yang tidak serasi antra system produksi, system ekonomi, dan system ekologi. Akibatnya terjadilah pemakaian dan pemborosan sumber daya alam secara berlebihan.

6.    Dampak Terhadap Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
a. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
c. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
a. Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
b. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

2 komentar:

Bagaimana Menurut Anda?