Selasa, 26 Juni 2012

Filsafat Abad Modern dan Abad Kini


1.      Filsafat Abad Modern
1). Zaman Renaissance
            Renaisance berasal dari bahasa Perancis yang berarti “bangkit kembali”. Zaman ini adalah zaman lahirnya kembali semangat nasionalis yang pernah ada pada zaman klasik dulu. Zaman ini merupakan zaman kebangkitan intelektual, khususnya yang terjadi di Eropa. Orang yang pertama kali memakai istilah tersebut adalah Michelet, seorang sejarawan Perancis terkenal. Menurutnya Renaissance periode penemuan manusia dan dunia dan bukan sekedar sebagai kebangkitan kembali yang merupakan permulaan kebangkitan modern.
Pada zaman ini kebudayaan-kebudayaan klasik dihidupkan kembali, seperti kesusasteraan, seni dan filsafat yang mencari inspirasi mereka dalam warisan Yunani-Romawi. Ciri-ciri filsafat Renaissance adalah Humanisme, Individualisme, Empirisme dan Rasionalisme, yang menyebabkan pengetahuan rasional berkembang. Para filsuf terkenal pada zaman ini adalah Nicollo Macchiavelli (1469-1527), Thomas Hobbes (1588-1626), Thomas More (1478-1535) dan Francis Bacon (1561-1626).
Hal terbaru yang penting dan paling nampak pada filsafat zaman ini adalah tentang antroposentris. Bahwa pusat perhatian pemikiran tidak lagi kosmos atau Tuhan, melainkan manusia. Manusia dianggap sebagai titik fokus dari kenyatan.
2). Zaman Barok
            Filsuf pada zaman ini adalah Rene Descartes (1596-1650), Barukh de Spinoza (1632-1677) dan Gottfried Leibniz (1646-1710). Para filsuf diatas menekankan kemungkinan-kemungkinan akal budi (ratio) manusia. Selain itu mereka juga ahli dalam bidang matematika.
3). Zaman Aufklarung
            Zaman ini terjadi sekitar pada abad ke delapan belas, yang mana dizaman ini terjadi perkembanga baru lagi. Dalam sejarah Barat, periode ini disebut sebagai zaman pencerahan atau fajar Budi (dalam bahasa Jerman “Aufklarung”). Pada zaman ini para filsuf tersebar di penjuru Eropa, seperti di Inggris ada John Locke (1632-1704), George Berkeley (1684-1753) dan David Hume ( 1711-1776). Sementara itu di Prancis dan di Jerman masing-masing ada Jean Jacque Rousseau (1712-1778) dan Immanuel Kant (1724-1804), yamg menciptakan pandangan kritisisme yang merupakan sintesis dari rasionalisme dan empirisme serta yang dianggap sebagai filsuf terpenting abad modern.
4). Zaman Romantik
            Para filsuf agung pada zaman ini adalah J. Fichte (1762-1814), F. Schelling (1775-1854) dan G.W.F. Hegel (1770-1831). Mereka adalah filsuf dari Jerman yang paling terkenal. Aliran filsafat di zaman ini adalah “idealism”. Yaitu rumusan pemikiran yang mengedepankan ide-ide, bertentangan dengan “materialism” yang mengedepankan dunia material.


2.      Filsafat Abad Kini
Pada abad ketujuh belas hingga abad kedelapan belas, terdapat aliran-aliran besar, yaitu rasionalisme, empirisme dan idealisme. Akan tetapi pada abad kesembilan belas dan keduapuluh filsafat Barat mengalami perpecahan, muncul aliran-aliran baru yang hanya terikat pada satu negara atau satu lungkungan bahasa saja. Diantara aliran-aliran tersebut adalah positivisme, marxisme, eksistensialisme, dan pragmatism, yang mana aliran-aliran tersebut mempunyai pengaruh besar di abad ini.
Akhir abad keduapuluh muncul dua aliran filsafat , yakni filsafat analitis dan filsafat strukturalisme, yang berperan besar dalam bidang filsafat bahasa. Filsafat analitis (disebut juga analytic philosophy dan linguistic philosophy) adalah yang terpenting di Inggris dan Amerika Serikat sejak tahun 1950-an. Filsafat ini mulanya hanya fokus pada analisa bahasa dan konsep-konsep saja.
Sedangkan aliran strukturalisme berkembang di Perancis semenjak tahun1960-an. Aliran ini masuk kedalam bidang filsafat, linguistik, psikiatri, fenomenologi agama, ekonomi, politeknologi dan lain sebagainya. Pada dasarnya aliran ini menyelidiki pola-pola dasar yang tetap (patterns) dalam struktur bahasa, agama, system ekonomi dan politik, serta karya-karya kesusteraan. Tokoh-tokoh aliran ini antara lain adalah Claude Levi-Strauss, J. Lacan dan Michel Foucault.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Menurut Anda?